Contoh Soal Tes CPNS 2017 dan Pembahasannya - TWK, TIU, TKP

Contoh Soal Tes CPNS 2017 dan Pembahasannya - TWK, TIU, TKP ini merupakan file terbaru yang akan saya bagikan dalam kesempatan kali ini khsuusnya untuk anda yang berencana mendaftar Seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Berdasarkan pada Permenpan RB nomor 20 Tahun 2017 bahwa Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS atau yang dulu dikenal dengan TKD (Tes Kompetensi Dasar) CPNS merupakan salah satu bentuk Tes harus diikuti oleh peserta. Dalam Tes Seleksi CPNS sekarang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Soal Seleksi CPNS 2017

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) merupakan Tes yang sangat penting karena merupakan salah satu poin tes CPNS untuk mengukur serta menilai kemampuan peserta seleksi penerimaan CPNS dalam penguasaan pengetahuan dan memahami serta mengimplementasikan 4 Pilar Kebangsaan Indonesia, diantaranya yaitu: UUD 1945, Pancasila, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Tes Intelegensi Umum (TIU) dimaksudkan untuk menilai: (1) Kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis; (2) Kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka angka; (3) Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis;dan (4) Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik. 

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) terdiri atas : Aspek integritas, Aspek kejujuran, Aspek tanggungjawab, Aspek kemampuan beradaptasi, Aspek pengendalian diri, Aspek semangat berprestasi, Aspek inisiatif, Aspek kreatifitas kerja, Aspek ketekunan, Aspek penghargaan terhadap orang lain, Aspek ketegasan, Aspek kepercayaan diri, Aspek toleransi, Aspek kepedulian lingkungan, dan Aspek efisiensi cara kerja. 



Artikel Lainnya !!!

Diharapkan dengan Contoh Soal Tes CPNS 2017 dan Pembahasannya - TWK, TIU, TKP ini dapat bermanfaat bagi anda dalam mempersiapkan diri dalam Tes CPNS. Kritik dan saran saya harapkan untuk bahan perbaikan blog ini pada masa yang akan datang. Dalam blog ini juga saya sediakan banyak administrasi dan informasi lengkap dan terbaru seputar PKG dan PKB untuk SD/ Mi, SMP/ Mts, dan SMA/ SMK/ MA. Cari file yang anda inginkan melalui kotak pencarian dibagain kanan atas blog ini atau melalui menu yang tersedia.

0 Response to "Contoh Soal Tes CPNS 2017 dan Pembahasannya - TWK, TIU, TKP"

Posting Komentar